Analisi Pengaruh Modal Intelektual, Pengungkapan Modal Intelektual dan Modal Kerja Terhadap Kinerja KeuanganAnalisi Pengaruh Modal Intelektual, Pengungkapan Modal Intelektual dan Modal Kerja Terhadap Kinerja Keuangan

Analisi Pengaruh Modal Intelektual, Pengungkapan Modal Intelektual dan Modal Kerja Terhadap Kinerja Keuangan

  • Elvira Luthan Universitas Andalas
Keywords: Kinerja keuangan, Modal Intelektual, Pengungkapan Modal Intelektual, Modal Kerja.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Modal Intelektual, Pengungkapan Modal Intelektual dan Modal Kerja terhadap Kinerja Keuangan. Modal intelektual menggunakan VAIC sebagai indikator untuk mengukur efisiensi dari modal intelektual. Pengungkapan modal intelektual diukur dengan index pengungkapan modal intelektual, dan modal kerja menggunakan WCT atau perputaran modal kerja sebagai indikator untuk mengukur efisiensi dari modal kerja sedangkan kinerja keuangan diukur dengan menggunakan ROA dan ROE.

Populasi penelitian ini adalah perusahaan sektor perdagangan jasa dan investasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2019. Berdasarkan kriteria sampel yang telah ditetapkan, diperoleh sampel 136 perusahaan.  Alat analisis dengan model regresi linier berganda dan semua data sudah lolos uji asumsi klasik. Hasil dari penelitian menyimpulkan modal intelektual, pengungkapan modal intelektual dan modal kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan yang diukur dengan ROA dan ROE.

Temuan tersebut mengimplikasikan bahwa kedua jenis modal dalam penelitian ini, walau berbeda secara konsep, berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan.

Riset ini memberikan konstribusi dalam hal pengembangan literatur manajemen keuangan dan masukan untk praktisi bisnis.